KAJIAN MODEL PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL
Abstract Views: 1648 | PDF Downloads: 970
Abstract
Pasar tradisional saat ini menghadapi permasalahan eksternal dan internal yang berpengaruh besar terhadap eksistensi mereka. Dari sisi eksternal pasar tradisional menghadapi kenyataan bahwa kebijakan saat ini tidak cukup mendukung potensi mereka untuk berkembang. Demikian pula persaingan dengan ritel modern yang sangat ekspansif semakin menciptakan kondisi bahwa pasar tradisional semakin ditinggalkan oleh konsumennya. Disisi internal, pasar tradisional menghadapi kenyataan bahwa fisik pasar yang tua tanpa renovasi, sementara manajemen pasar tidak mampu mengatasi perubahan dalam menata pasar tradisional yang bersih, nyaman dana man.
Perubahan lingkungan dalam bisnis ritel menuntut pemecahan masalah eksternal dan internal pasar tradisional. Penelitian ini mencoba menganalisa model pengembangan tempo dulu (model tradisional), model yang berjalan saat ini (model transisi) dan model pengembangan masa depan (model integrase) yang dapat memadukan antara model yang telah dan sedang berjalan dengan model yang dibutuhkan di masa depan.
Belajar dari pengalaman dalam pembinaan dan model yang dikembangkan di negara lain, maka kajian ini mencoba untuk mengintrodusir model integrase dalam pengembangan pasar tradisional.
References
ADB SME Development TA Indonesia, “Praktek Terbaik Dalam Menciptakan Suatu Lingkungan yang Kondusif Bagi IKM”, No.1
ADB SME Development TA Indonesia, “Praktek Terbaik dalam Menyediakan Jasa Pengembangan Usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah”. No. 2
Anderson, Erin and Barton, Weitz, 1992, “The Use of Pledges to Build and Sustain Commitment in Distribution Channels,” Journal of Marketing Research, February, pp. 18-34
Andrew J Newman and Peter Cullen, “Retailing: Environment & Operations”, Thomson Learning 2002
Balitbang Departemen Perdagangan, “Tinjauan Praktek Bisnis Restriktif”, Jakarta: Departemen Perdagangan, 1992
Clapham, Ronald, “Pengusaha Kecil dan Menengah di Asia Tenggara”, Penerjemah, Masri Maris – Jakarta, LP3ES, Jakarta, 1991
Gerardo P. Sicat dan Hw. Arndt. “Ilmu Ekonomi”, LP3ES, Jakarta, 1991
H. George Frederickson, “Administrasi Negara Baru”, Jakarta: LP3ES, 1984
Jab, Sandy D and Shankar Ganesan, 2000, “Do Norm Mattern in Marketing Relationship?”, Journal of Marketing, Vol. 56, April, pp.32-44
Michael Treacy and Fred Wiersema, 1992, “The Discipline of Market Leaders”, Gramedia, Jakarta
Miles, Morgan P dan Jeffrey G. Covin, 2000, “Environment Marketing: A Source of Reputation, Competitive, and Financial Advantage”, Journal of Business Etics.
Morgan, Robert M, & Shelbi D. Hunt, 1994, “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”, Journal of Marketing, Vol 58, Juli 1994.
Moorman, Christine, Rohit Deshpande & Gerald Zaltman, 1993, “Factors Affecting Trust in Market Research Relationship”, Journal of Marketing, Vol 57, Januari 1993
Pieter Kuin (Penyunting), “Perusahaan Transnasional”, diterjemahkan oleh S. Maimun, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan Penerbit Gramedia, 1987
Sumantoro, “Kegiatan Perusahaan Multinasional, problema politik, hokum, dan ekonomi dalam pembangunan nasional”, Jakarta: PT. Gramedia, 1987
Tambunan, Tulus T.H, 2002, “Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia”, Salemba Empat, Jakarta
Tambunan, Tulus T.H, 1999, “Perkembangan Industri Kecil di Indonesia”, Mutiara Sumber Widya, Jakarta
Departemen Perdagangan, “Himpunan Peraturan Tentang Kegiatan Usaha Asing di Bidang Perdagangan”, Jakarta: 1990-1996
Departemen Perdagangan, “Himpunan Peraturan Tentang Perizinan Usaha di Bidang Industri dan Perdagangan”, Jakarta: s/d 2005
Copyright (c) 2018 Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.