KINERJA EKSPOR INDONESIA DAN PERSEPSI KONSUMEN PAKISTAN TERHADAP MINYAK SAWIT DAN PRODUK TURUNANNYA
Abstract Views: 1574 | PDF Downloads: 1400
Abstract
Abstrak
Pakistan merupakan negara nontradisional mitra dagang strategis Indonesia. Pakistan mengimpor Crude Palm Oil (CPO) Indonesia untuk memenuhi kebutuhan minyak makan. Industri minyak makan di Pakistan memiliki karakter sangat kompetitif, hambatan masuk (barrier to entry) yang rendah, dan cenderung sensitif terhadap perubahan harga. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis kinerja ekspor minyak sawit dan produk turunannya di Pakistan; (2) Menganalisis tingkat pengetahuan dan faktor yang memengaruhi konsumen rumatangga Pakistan terhadap minyak sawit dan produk turunannya asal Indonesia; (3) Menganalisis tingkat loyalitas konsumen rumah tangga di Pakistan terhadap produk cooking oil. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis regresi logistik, dan analisis loyalitas konsumen. Hasil analisis menyajikan kinerja ekspor minyak sawit Indonesia ke Pakistan mengalami trend peningkatan sejak tahun 2012 dan salah satunya disebabkan penandatangan Preferential Trade Agreement (PTA). Konsumen rumahtangga di Pakistan sebagian besar tidak mengenal CPO atau produk hasil turunannya serta tidak memahami isu lingkungan terkait industri kelapa sawit. Terdapat empat variable yang memengaruhi peluang responden mengetahui CPO dan produk turunannya yaitu lokasi tempat tinggal, dummy frekuensi konsumsi cooking oil, dummy frekuensi konsumsi margarine, dan dummy frekuensi es krim. Konsumen di Pakistan merupakan konsumen yang tergolong dalam kelompok liking the brand dengan tidak sepenuhnya switcher buyer.
Kata Kunci: Crude Palm Oil, Pakistan, Regresi Logistik, Analisis Loyalitas Konsumen, Cooking Oil
Abstract
Pakistan is a non-traditional trading partner country that is a strategic r for Indonesia. Pakistan imports Crude Palm Oil (CPO) to meet the needs for edible oil. Pakistan’s cooking oil industry is highly competitive with low barriers to entry, also moderately sensitive to price changes. The aims of this research are to (1) analyze the export performance of palm oil and its derivative products; (2) analyze the level of knowledge and the factors that influence Pakistani consumers; (3) analyze the level of loyalty of household consumers to cooking oil. The research used descriptive qualitative analysis, logistic regression analysis, and analysis of brand loyalty. The results of the analysis showed that Indonesian palm oil exports to Pakisthavehas had an increasing trend since 2012, caused by the implementation of the Preferential Trade Agreement (PTA). Most consumers in Pakistan were not familiar with CPO or its derivative products and did not understand the environmental issues related to the palm oil industry. There are four variables that affect the probability of respondents knowing CPO and derivative products, namely, location of residence, dummy frequency of cooking oil consumption, dummy frequency of margarine consumption, and dummy frequency of ice cream. Generally, Pakistan consumers are a group of consumers that liking the brand group.
Keywords: Crude Palm Oil, Pakistan, Logistic Regression, Analysis of Brand Loyalty, Cooking Oil
JEL Classification: C25, D12, F14, Q17
References
Chalil, D. dan Barus, R. (2018). The Sustainability of Indonesia Pakistan Palm Oil Supply Chain. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol 15(2), p.136-142.
Durianto, D., Sugiarto, dan Sitinjak, T., (2004). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia.
Firdaus M. (2011). Aplikasi Ekonometrika untuk Panel Data dan Time Series. Bogor (ID): IPB Press.
Firdaus M, Satriani R., Amaliah S., Salama F.A, Fazri M. (2019). Defisit Neraca Perdagangan: J-Curve, Perang Dagang dan Model Salter Corden. Jurnal Ekonomi Indonesia. Volume 8 Number 2, 2019 : 245–265. p-ISSN: 0854-1507; e-ISSN: 2721-222X
Garson D.G. (2014). Logistic Regression: Binary & Multinomial. Statistical Associates Blue Book Series. Asheboro. USA.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan ke-8. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Girsang, L., Sukiyono, K. dan Asriani, Putri S. (2018). Error Correction Model for Pakistan Export Demand for Indonesia’s Crude Palm Oil. Agritropica: Journal of Agricultural Sciences, Vol 1(2), p.68-77.
Hidzir, M F M dan Aspar, H.M. (2013). The Palm Oil Market in Pakistan. Palm Oil Developments, Vol 59, p.9-11.
Hosmer D.W., Lemeshow, S., Sturdivant, R. (2013). Applied Logistic Regression. Third Edition. John Wiley & Sons, INC. New Jersey
IIdrakasih, N. Chalil, D. Ayu, S.F. (2013). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Beras Organik (Studi Kasus : Jappsa, Brastagi Supermarket dan Carrefour Plaza Medan Fair). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics. May 2013
JCR-VIS. (2018). Edible Oil Industry. JCR-VIS Sector Update, June 2018.
Juanda B. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Edisi Kedua. IPB Press.
Kartini., Margaret S. (2021). Dampak Kebijkan tarif terhadap Sektor Pertanian di Indonesia; Analisis Model Global Trade Analysis Project (GTAP). Jurnal Ekonomi Indonesia. Volume 10 Number 1, 2021: 25-41. p-ISSN: 0854-1507; e-ISSN: 2721-222X
[KEMENKEU]. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2017). Media Keuangan: Akselerasi Ekonomi Berkeadilan. Jakarta
[KEMENKUMHAM]. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2012). Peraturan Presiden Republik Inonesia No. 98 Tahun 2012 Tentang Pengesahan Perjanjian Perdagangan Preferensial Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Islam Pakistan. Jakarta
[KEMENDAG]. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2018). Fact Sheet : Indonesia – Pakistan Protokol Preubahan Perjanjian (Preferential Trade Agreement). Jakarta
Ningsih, E.A. Faliantu, T.A. Budiarti. F.T. (2018). Pemanfaatan Kerjasama Indonesia Jepang Economic Partnership Agreement (IJEPA) dan Indonesia Pakistan Preferential Trade Agreement (IPPTA). Buletin Ilmiah Ltibang Perdagangan Vol. 12 No.2 Tahun 2018
Nugroho, A.P. (2021). Efektivitas Kerjasama Indonesia-Pakistan dalam Kerangka Indonesia Pakistan Prefential Trade Agreement 9IP-PTA) terhadap Ekspor Teh Indonesia ke Pakistan (2013-2017). Moestopo Journal International Relations. Volume 1 No. 2 September 2021 halaman 94-106
Prayoga, W., Hurriyati, R., Monoarfa, H. Hendrayati H. (2021). Analysis of Brand Loyalty Level at T.O Benhil Rice Store in Tasikmalaya. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 657. Atlantic Press
Shah, Syed T.H. (2012). Palm Oil and Its Application in Pakistan Food Industry
Sjahril, S. (2021). Desain Klasterisasi Tujuan Pasar Ekspor Indonesia : Pasar Tradisional vs Pasar Non-Tradisional. Jurnal Hubungan Luar Negeri Vol.6 No.1 Jan-Juni 2021
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
[UNCOMTRADE]. United Nation Commodity Trade Statistics Database. (2018). https://comtrade.un.org/data/
[UNCOMTRADE]. United Nation Commodity Trade Statistics Database. (2019). https://comtrade.un.org/data/
[UNCOMTRADE]. United Nation Commodity Trade Statistics Database. (2020). https://comtrade.un.org/data/
Wardhani W. Sumarwan U. Yuliati LN. (2015). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pemeblian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. VI No. 1 April 2015.
Copyright (c) 2022 Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.