Kajian Pengembangan Knowledge Management System (KMS) di Kementerian Perdagangan
Main Article Content
Abstract
Knowledge Management System merupakan suatu proses berkelanjutan dalam pengelolaan pengetahuan melalui transfer pengetahuan dari tacit ke explicit, explicit ke explicit dan explicit ke tacit. Dalam mencapai siklus pengetahuan tersebut diperlukan suatu aplikasi KMS yang mampu mengakomodir proses acquisition, sharing, transfer dan networking. KMS memiliki peran penting dalam penerapan Corporate University dalam rangka menciptakan learning culture guna mewujudkan learning organization. Kementerian Perdagangan perlu memulai untuk menciptakan Learning Organization tersebut dengan menyusun rancangan KMS untuk oprimasii e-Learning Kudagang. Rancangan KMS di Kementerian Perdagangan dilakukan melalui studi literature dan studi banding dengan organisasi yang sudah menerapkan KMS.
Article Details
References
Farid, M dan Aryani, Y.A, 2016, Knowledge management dan Kinerja Organisasi Sektor Publik: Studi Empiris pada Entitas Akuntasnsi di Indonesia. Indonesian Treasury Revies: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, Vol. 1(2):1-13.
Praptowo, B.D, Mikhriani, dan A. Suharsono, 2020, Keterlibatan Siklus Terintegrasi Knowledge Management Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia di Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jurnal Borneo Administrator, Vol. 16(1) : 1-22. DOI 10.24258/jba.v16i1.588
Saputra, A.H, 2017, Kajian Impleemntasi Knowledge Management pada Politeknik Keuangan Negara STAN, Jurnal PKN STAN, Vol 8(1): 49-57.
Setiarso, B, 2007, Penerapan Knowledge Management pada Organisasi: Studi kasus Salah Satu Unit Organisasi LIPI. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2007/04/bse-ksni.pdf,diakses tanggal 14 Juli 2023.
Ambarwati, T., F. Fitriasari, dan R. S. Arifiani, 2020, Learning Organization Leadership Innovation (LOLI) and Employee Performance in Creative Industry, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 10 (1): 79-89.
Dalkir, K, 2011, Knowledge Management in Theory and Practise. Cambridge, Mass: MIT Press, 2011, ISBN: 9780262015080.
Irawanto, (2007), “Strategi Pengembangan Kapasitas SDM melalui Knowledge Management (KM)”, Journal Aplikasi Manajemen, Vol. 5 (3): 380-385.
Dalkir, K, 2005, Knowledge Management in Theory and Practice, McGill University, USA, ISBN: 0-7506-7864-X.
Farid, M dan Aryani, Y.A, 2016, Knowledge management dan Kinerja Organisasi Sektor Publik: Studi Empiris pada Entitas Akuntasnsi di Indonesia. Indonesian Treasury Revies: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, Vol. 1(2):1-13.
Kementerian Keuangan, 2023, Kemenkeu Learning Center (KLC) “Make Learning Entertaining”, Paparan Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihanan Keuangan, 1 Februari 2023, Jakarta.
Kementerian Keuangan, 2018, KMK-924/KMK.011/2018 tentang Kementerian Keuangan Corporate University, Dokumen Negara JDIH.
Nonaka, I, dan H. Takeuchi, 1995, The Kowledge Creating Company, Oxford Universuty Press, 2011.
Praptowo, B.D, Mikhriani, dan A. Suharsono, 2020, Keterlibatan Siklus Terintegrasi Knowledge Management Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia di Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jurnal Borneo Administrator, Vol. 16(1) : 1-22. DOI 10.24258/jba.v16i1.588.
Saputra, A.H, 2017, Kajian Impleemntasi Knowledge Management pada Politeknik Keuangan Negara STAN, Jurnal PKN STAN, Vol 8(1): 49-57.
Setiarso, B, 2007, Penerapan Knowledge Management pada Organisasi: Studi kasus Salah Satu Unit Organisasi LIPI. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2007/04/bse-ksni.pdf,diakses tanggal 14 Juli 2023.
Swan, J., S. Newell, H. Scarbrough, D. Hislop, 1999, Knowledge Management and Innovation: Networks and Networking, Journal of Knowledge management, Vol. 3 (4): 262-272.
Smith, C.L dan D. J, Brooks, 2013, Security Science, The Theory and Practice Security. Hardback ISBN: 9780123944368, ebook ISBN: 9780123947857.
Wulantika, L., 2017, Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kreasi dan Inovasi Perusahaan, Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 10 (2): 263–270.