Implementasi Korporasi, Kapasitas Dan Pembiayaan Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Perekonomian di Aceh
Main Article Content
Abstract
Aceh memiliki potensi UMKM cukup besar, namun permasalahan yang dihadapi juga tidaklah sedikit hingga sering kali UMKM di Aceh tidak memiliki nilai daya saing nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara kompleks problematika yang dihadapi pelaku UMKM di Aceh guna menemukan solusi arternatif yang dapat diimplementasikan dalam memaksimalisasi posisi UMKM di Aceh secara optimal. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian berasal dari data primer dan sekunder, di mana data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dengan key informance sebanyak 25 orang dan FGD dilakukan dengan pelaku UMKM sebanyak 20 orang. Adapun data sekunder diperoleh melalui berbagai sumber seperti buku, jurnal, berita online, dan dokumentasi terkait topik bahasan. Temuan penelitian diketahui Aceh memiliki potensi UMKM cukup besar dalam menggerakkan perekonomiannya, namun perlu adanya langkah strategis dengan implementasi konsep K2P yang meliputi korporatisasi antara unit-unit UMKM, kapasitas produk UMKM yang berkualitas sehingga mampu bersaing di pasar regional maupun internasional, dan pembiayaan digital untuk kemudahan akses modal bagi pelaku UMKM. Adapun terobosan penting sebagai penunjang keberhasilan pengaturan konsep K2P berbasis ekonomi kreatif meliputi; membuat roadmap UMKM berbasis ekonomi kreatif 2032, menghubungkan para pemberi modal dengan pelaku UMKM, sertifikasi produk UMKM, integrasi stakeholders, budaya konsumsi produk lokal, aspirasi kaum muda, jaminan keaslian dan promosi produk, membentuk manajemen berbasis ekonomi kreatif, dan terakhir mengadakan pelatihan pengembangan SDM. Temuan penelitian ini bisa menjadi inovasi baru dan kajian evaluasi terhadap kesiapan pelaku UMKM dan kebijakan pemerintah dalam mengembangkan kiprah UMKM di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya.
Article Details
References
Annur, C. M. (2022). Ada 2 Miliar Umat Islam di Dunia, Mayoritasnya di Asia. 15 JJuni 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/15/ada-2-miliar-umat-islam-di-dunia-mayoritasnya-di-asia
Asmara, C. G. (n.d.). Kaya Sumber Alam, Kenapa Aceh Jadi Daerah Termiskin? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210220152331-4-224864/kaya-sumber-alam-kenapa-aceh-jadi-daerah-termiskin.
Bakri. (2020). Tekad Aminullah Bangkitkan UMKM di Banda Aceh. 6 September 2020. https://aceh.tribunnews.com/2020/09/06/tekad-aminullah-bangkitkan-umkm-di-banda-aceh.
Birokrasi, K. P. A. N. dan R. (2022). Hingga Oktober 2022 Jumlah Wisman ke Indonesia Capai 3,92 Juta Orang. 27 Desember 2022. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/hingga-oktober-2022-jumlah-wisman-ke-indonesia-capai-3-92-juta-orang.
Center, P. R. (2021). Perkembangan Populasi Muslim di Dunia dan Masa Depannya. 28 Juli 2021. https://www.sahih.co/2021/07/28/perkembangan-populasi-muslim-di-dunia-dan-masa-depannya.
Chalirafi, Matriadi, F., & Munandar. (2023). Analisa Pengaruh Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM Provinsi Aceh Dimoderasi Oleh Teknologi. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisni, 24(1), 23–30.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. Routledge.
Djakfar, I., & Isnaliana, I. (2021). Model Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Produk Makanan Halal Bagi UMKM Dalam Mendukung Banda Aceh Menjadi Kota Wisata Halal. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2742
Gregorius Rio, A., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid-19 Di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(2), 139–146.
Hamdani, Rizal, S., Mujiburrahman, Alfina, Hajrianti, R., & Ahmad, A. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Produk Olahan Ikan Dalam Mendukung Industri Halal Dengan Sistem Android di Kota Banda Aceh. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.33379/attamkin.v5i2.1781
Humaira, R. (2022). Digitalisasi UMKM Sebagai Strategi Menjaga Produk Khas Daerah di Aceh. 18 Agustus 2022. https://digitalbisa.id/digitalbisa-platform/public/artikel/digitalisasi-umkm-sebagai-strategi-menjaga-produk-khas-daerah-di-aceh.
Husada Putra, A. (2016). Peran UMKM Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.
Ikhsan Fajri Zuliani, & Zuliani. (2022). Strategi Pengembangan UMKM Dan Koperasi Dalam Meningkatkan Komunitas Ekspor Kopi Arabica Di Kabupaten Aceh Tengah. At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 14(2), 153–164. https://doi.org/10.47498/tasyri.v14i2.1281
Indonesia, D. P. dan P. R. (2002). Rencana Induk Pengembangan Industri Kecil Menengah 2002-2004. Buku I Kebijakan dan Strategi Umum Pengembangan Industri Kecil Menengah.
Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.245
Management, I. I. (2022). Ekonomi Kreatif Sumbang 7,8% PDB. 17 Oktober 2022. https://insights.id/article/todays-highlights-17-oktober-2022
Nasir, Wali, M., & Sufyan. (2022). Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha bagi UMKM Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.35870/jpni.v3i1.65
Perbendaharaan, K. K. R. D. J. (2022). Digipay dan UMKM dalam Kerangka Pelaksanaan Qanun Aceh. 19 Agustus 2022. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/3955-digipay-dan-umkm-dalam-kerangka-pelaksanaan-qanun-aceh.html.
Perekonomian, K. K. B., & Indonesia, R. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia.
Prasasti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan Perilaku Millenial: Peluang atau Ancaman Bonus Demografi. Jurnal Consilia Ilmiah BK, 3(1). https://doi.org/DOI https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia.
Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., Sunardi, N., & Zulfitra. (2022). Pemanfaatan Financial Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67–77. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.70
Saputra, M., Sari, N., Rafiq, M., & Rahmawati, L. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada UMKM Bubuk Jahe di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i1.977
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran UMKM: Literature Review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB
Utama, D. D. T. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Journal Of Economics Diponogoro, 2(4), 19599.
Wahidi, J., & Juaris. (2022). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekombis, 8(1), 40–49.
Yani, D. A., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Analisis Kinerja UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Bubuk Kopi). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 78–81.