Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kinerja Ekspor UMKM Indonesia
Main Article Content
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi ekspor UMKM Indonesia. Dalam mengidentifikasi faktor tersebut, studi ini menggunakan regresi logistik biner dimana variabel respon yang diteliti memiliki skala nominal yaitu 1 untuk UMKM ekspor dan 0 untuk yang belum pernah. Sementara variabel prediktor yang digunakan terdiri dari 2 bagian yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor di atas diukur dengan indikator yang dikembangkan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 2 variabel signifikan yang berpengaruh terhadap kinerja UMKM, yaitu pengetahuan dan keterampilan ekspor UMKM (knowledge and skill) dan keinginan untuk ekspor (export stimuli) yang keduanya merupakan faktor internal. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM Indonesia masih berada di tahapan inkubatif. Oleh karena itu, program pendampingan ekspor UMKM sebaiknya difokuskan pada penguatan internal untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong keinginan untuk ekspor diantaranya pelatihan tata cara/prosedur ekspor, pendampingan izin usaha, sertifikasi produk, pelatihan label, serta pembejalaran dan pengalaman ekspor (success story) dari perusahaan lain.
Article Details
References
Cahyanti, M. M., & Anjaningrum, W. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia (JIBEKA) Vol. 11 (2), 73-79.
Entrialgo, M., & V, I. (2017). Are the Intentions to Entrepreneurship of Men and Women Shaped Differently? The Impact of Entrepreneurial Role-Model Exposure and Entrepreneurship Education. Entrepreneurship Research Journal, 8 (1).
Fairoz, F. M., T, H., & Y, T. (2010). Entrepreneurial Orientation and Business Performance of Small and Medium Scale Enterprises of Hambantota District Sri
Fitzgerald, K. (2020, 7 3). Another Option for HK SMEs Seeking Govt Support to Digitise. Retrieved 8 2, 2020, from https://www.ejinsight.com: https://www.ejinsight.com/eji/article/id/2511750/20200703-Another-option-for-HKSMEs-seeking-govt-support-to-digitise
Hendratmoko. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Indonesia. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression 2nd Edition. Danvers, Massachusetts: John Wiley & Sons, Inc.
International Monetary Fund (IMF). (2021). World Economic Outlook: Managing Divergent Recoveries. Washington, DC: International Monetary Fund, Publication Services.
Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS. (2021). data-umkm. Retrieved from Kementerian Koperasi dan UKM Web Site: https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm
Kementerian Sekretariat Negara, RI. (2021, Februari 2). PP No. 7 Tahun 2021. Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Indonesia.
Manuere, F., Mabvure, T., Sifile, O., & Viriri, P. (2018). Today’s Knowledge Economy and Firm Growth: A Study of Small to Medium Enterprises in the Manufacturing Sector of Zimbabwe. Journal of Public Administration and Governance, 342-351.
Mardanugraha, N., & Junaidi, A. (2022). Ketahanan UMKM di Indonesia menghadapi Resesi Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 101-114.
Moore, K., & Polushin, W. C. (2019, 9 1). The Six Types of Canadian Smes Competing to Win in Tough Times. Retrieved 8 2, 2020, from https://policyoptions.irpp.org: https://policyoptions.irpp.org/magazines/employment-insurance/the-six-types-of-canadiansmes-competing-to-win-in-tough-times/
Nikolić, N., Jovanović, I., & Nikolić, Đ. (2019). Investigation of the Factors Influencing SME Failure as a Function of Its Prevention and Fast Recovery after Failure. DE GRUYTER Entrepreneurship Research Journal, 1-21.
Pickernell, D., Jones, P., Thompson, P., & Packham, G. (2016). Determinants of SME Exporting. International Journal of Entrepreneurship and Innovation Vol. 17, 31-42.
Safari, A., & Saleh, A. S. (2020). Key determinants of SMEs’ export performance: a resource-based view and contingency theory approach using potential mediators. Journal of Business & Industrial Marketing, 635–654.