KAJIAN PRAKTEK CARA MENJUAL DALAM BISNIS RITEL DAN STRATEGI PENGAWASANNYA

  • Heny Sukesi Kementerian Perdagangan
DOI: https://doi.org/10.30908/bilp.v4i1.148
Abstract Views: 561 | PDF Downloads: 1206

Downloads

Download data is not yet available.
  

Abstract

Nowadays, retail business in Indonesia shows a rapid development. This condition drives the retail businessmen to undertake various ways to grab the market by conducting selling practices such as giving discount, prize, voucher and promotion..Current selling practices display an indication of deceit and trickery towards consumers. On the other hand, monitoring efforts for consumer protection have not been optimal. This is due to the lack of regulation and technical guidance monitoring handbook. The aim of this article is to know the condition and selling practices in retail business as well as to formulate a monitoring strategy. Juridical normative.Sociological method are use to analyze selling practice and the problems of business retail. The results shows that several countries are more advanced and established in monitoring selling practices and selling practices in Indonesia use many deceitful selling practices.A detailed technical and operational guideline is required to regulate selling practices of retail business.

Author Biography

Heny Sukesi, Kementerian Perdagangan
Pusat LITBANG Perdagangan Dalam Negeri

References

Badan Standardisasi Nasional. 2002. Standar Nasional Indonesi a “Peralatan dan Sistem Audio Visual dan Televisi Bagian 1 : umum” . Jakarta, BSN

Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri , Departemen Perdagangan, 2005, “Kumpulan Peraturan Dalam Rangka Operasionalisasi Penyidikan Atas Barang Beredar dan Jasa Di Bidang Perlindungan Konsumen” Buku I dan II, Jakarta, Denpasar, Makassar, Manado, Surabaya dan Padang.

Direktorat Bina Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, 2002, “Petunjuk Teknis elektronika” , Jakarta, Direktorat Bina Pengawasan Barang Beredar dan Jasa

Direktorat Perlindungan Konsumen, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, 2002, “Himpunan Peraturan Perundangundangan yang Ber-kaitan Dengan Perlindungan Kon-sumen Khusus Dibidang Makanan dan Minuman”, Jakarta, Direktorat Perlindungan Konsumen.

Deperindag, 2002, SK. Menperindag. No 6 3 4 /MP P / K e p / I X / 2 0 0 2 tentang Ketentuan dan Tata cara Pengawasan Barang beredar dan Jasa di Pasar, Deperindag,

Deperindag, 2002, SK. Menperindag. No. 547/MPP/Kep/X/2002 Tentang Pedoman Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (Manual) dan Kartu Jaminan/Garansi Dalam Bahasa Indonesia.

Food Standards Agency, 2005, full Regulatory Impact Assessment, home page www.foodstandars. gsi. gov.uk

Husein Umar, 2003, Metode Riset Bisnis, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama

Nugroho J. Setiadi, 2005, Perilaku Konsumen , Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta, Prenada Media.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dan Perdagangan Bekerja sama dengan PT Fajar Lintas Timur Nusantara, 2004, “Kajian Tentang Penerapan Sistem Pengawasan Barang Beredar Di Pasar Dalam Negeri”, Jakarta

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, 2005, Kajian Penerapan Teknis Bagi Komoditi Penting Dalam Rangka Pengawasan Barang Beredar, Badan LITBANG Perdagangan, Jakarta, Departemen Perdagangan.

Pusat Akreditasi dan Standardisasi, 2003, Kumpulan Peraturan Tentang Standardisasi Di Lingkungan Dep Perindag, Jakarta.

Paul N. Bloom & Louise N. Boone, 2006, Strategi Pemasaran Produk, 18 Langkah Membangun Jaring Pemasaran Produk Yang Kokoh, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Richard Denny, 2003, Sukses Menjual , Jurus Jitu Merebut Pasar, Penerbit PT gramedia Pustaka utama, Jakarta.

Published
2010-07-31
How to Cite
Sukesi, H. (2010). KAJIAN PRAKTEK CARA MENJUAL DALAM BISNIS RITEL DAN STRATEGI PENGAWASANNYA. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 4(1), 142-169. https://doi.org/10.30908/bilp.v4i1.148
Section
Articles